Seputar Reverse Osmosis

Air merupakan kebutuhan primer kedua setiap makhluk hidup, setelah udara. Selama di bumi, sumber air mudah didapatkan. Akan tetapi, jika di luar angkasa, para astronot sangat sulit untuk mendapatkan seteguk air. Lembaga Antariksa Amerika (NASA) mencari solusi untuk membawa air, guna keperluan minum para astronot, selama bekerja di luar angkasa. Padahal, membawa 1 kg air ke luar angkasa, setidaknya diperlukan 700 pon tenaga atau mengeluarkan biaya sebanyak $US 10.000. Akhirnya setelah penelitian selama 30 tahun dan menghabiskan $US 40 juta, NASA menemukan terobosan terkini mengenai pemurnian air. Para asronot hanya perlu memurnikan air yang keluar dari tubuh mereka, guna keperluan minum saat mereka bertugas.

Terobosan pemurnian air yang digunakan NASA adalah R.O. (Reverse Osmosis). Sedangkan Reverse Osmosis adalah proses penyerepan air melaui membran (filter), sekaligus memblok kandungan partikel dan molekul lainnya, yang terkandung di dalam air. Dengan tekanan yang lebih tinggi, R.O memaksa air beserta molekulnya, menembus membran. Sebagian besar air yang tidak dapat menebus membran ini, akan berbalik arah untuk diproses kembali.

Jadi, air R.O adalah air yang melewati proses penyaringan Reverse Osmosis yang sangat ketat. Kemurnian air ini mencapai hingga mencapai 99,99%.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: