REVERSE OSMOSIS

Reverse osmosis sebagai teknologi penyaringan / filtration pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat. Disana teknologi R/O dikembangkan oleh NASA dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan air minum para astronot yang berada di luar angkasa. Sekelompok ilmuwan Amerika Serikat dari NASA mengeluarkan 40 juta dollar US selama 30 tahun untuk meneliti teknologi ini. (sebagai gambaran: “Untuk membawa 1 kg air ke luar angkasa dibutuhkan 700 pon tenaga atau mengeluarkan biaya sebanyak 10,000 dollar US”). Teknologi ini dikembangkan pula oleh Angkatan Laut AS untuk memenuhi kebutuhan air minum pada kapal selam. Perkembangan selanjutnya teknologi R/O digunakan untuk pabrik-pabrik, rumah sakit dan industri dalam bentuk konvensional, serta perkantoran dan perumahan dengan bentuk yang lebih kecil atau portable. Reverse osmosis atau hyperfiltration merupakan tingkat penyaringan yang ke-5 atau teknologi penyaringan yang tertinggi pada saat ini. Prinsip kerja Reverse Osmosis (RO) Sebelum memahami Reverse Osmosis kita pahami dulu apa itu osmosis. Proses osmosis merupakan fenomena alami dimana air akan mengalir dari larutan yang lebih cair ke larutan yang lebih padat melalui suatu membran semi-permeabel.

PROSES OSMOSIS

PROSES OSMOSIS

Pada proses reverse-osmosis, fenomena ini dibalik arahnya dengan menambahkan tekanan pada larutan yang lebih padat (air terpolusi) melalui membran semi-permeabel, sehingga menghasilkan air bersih yang bebas dari polutan.

prinsip kerja reverse osmosis

prinsip kerja reverse osmosis

One Response to “REVERSE OSMOSIS”

  1. antonius Says:

    saya baru saja mengganti membran bermerk membranes GPD 200 dengan membran yang baru bermerk msc GPD 100 namun kenapa airnya masih berkapur berbeda dengan membranes GPD 200,…kesalahnya itu dimana, apakah mesinnya harus diganti…tolong petunjuk dan caranya….terimaksih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: