[Air Minum Dalam Kemasan] Sebaiknya Anda Baca Ini Dulu

1.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemakaian air minum dalam kemasan, diantaranya:
  1. Sumber air kemasan berasal dari mana?

    Pada umumnya berasal dari mata air pegunungan. Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa mata air pegunungan sekalipun belum tentu terjamin bebas dari pencemaran.

  2. 2.Bagaimanakah teknologinya?
    Pada umumnya teknologi penyaringan yang digunakan oleh perusahaan air kemasan adalah ultrafiltration dan mengunakan UV (ultraviolet) atau Ozon (O3) untuk membunuh bakteri. Ada pula beberapa perusahaan air kemasan yang menggunakan teknologi penyaringan nanofiltration dan reverse osmosis.
  3. 3.Bagaimanakah quality control-nya (QC)?
    Pada umumnya QC hanya diterapkan di pabrik tetapi setelah terdistribusi, tidak ada lagi QC, baik pengiriman maupun penyimpanan di agen-agen.
  4. 4.Bagaimanakah distribusinya?
    Pada label air kemasan tertulis hindari sinar matahari langsung dan hindari dari benda berbau tajam. Pada kenyataannya cara pengangkutan air kemasan dari pabrik dibawa ke tangan konsumen perkotaan dengan kondisi truk-truk yang terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung. Saat terkena panas pori-pori akan melebar dan menyebabkan gas ataupun microorganisme masuk ke dalam botol / galon, sehingga polutan tersebut menyebabkan air kemasan tercemar. Selain itu di dalam truk jika penempatannya ternyata tidak memenuhi syarat maka botolnya dapat pecah atau retak sehingga mudah sekali terkena polutan yang tentunya sangat beresiko bila diminum
  5. 5.Bagaimana penyimpanannya?
    Pada umumnya air kemasan dari pabrik disimpan dulu di agen-agen, kemudian baru didistribusikan ke toko-toko dan kemudian sampai ke tangan pelanggan. Pada waktu penyimpanan jika kuli angkat meletakkan botol / galon kurang bagus dapat menyebabkan botol kemasan rusak / pecah, maka berakibat air kemasan tersebut tercemar polutan dan kemungkinan bakteri juga bisa masuk. Ditambah lagi apabila gudang penyimpanan gelap dan lembab, yang menjadi sarang berkembangbiaknya tikus, kecoa atau hewan pengerat lain sehingga bisa saja mereka merusak kemasan botol yang ada.
  6. 6.Bagaimana dengan pemalsuan air kemasan?
    Semakin maraknya kebutuhan manusia akan air minum terutama diperkotaan, membuat air kemasan menjadi bisnis yang menggiurkan sehingga sering sekali terjadi pemalsuan merk. Minum air kemasan palsu bisa berpotensi terkena penyakit anemia, hal ini disebabkan pemalsuan air kemasan melalui suntikan dari pantat botol dan untuk menutupnya digunakan power glue. Selain itu air yang dimasukkan ke dalam kemasan tidak terjaga kualitasnya sehinga mungkin saja masih terdapat microbiology (bakteri), dengan demikian sangat berbahaya bila air tersebut dikonsumsi.
  7. 7.Bagaimana cara Anda meletakkan botol air kemasan ke dispenser (Penyajian)?
    Pada waktu membuka tutup botol air kemasan yakinkah tangan pembantu Anda sudah steril dari kuman (microbiology) dan botol kemasan yang diletakkan pada dispenser apakah sudah benar cara melakukan sterilisasi dengan tisu anti bakteri
PS: Lampiran Kliping Koran
picture14
picture17

2 Responses to “[Air Minum Dalam Kemasan] Sebaiknya Anda Baca Ini Dulu”

  1. Artikelnya bagus bos, masih sibuk ya…
    Aq juga belum sempat kesana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: