[BIJI KELOR] Cara Sederhana Menjernihkan Air

Bagaimana menjernihkan air dengan Biji Kelor?

Menjernihkan air dengan biji kelor juga termasuk penjernihan secara kimia, karena tumbukan halus biji kelor yang dimasukkan dalam air keruh akan membentuk gumpalan, pada kotoran yang terdapat di air yang dijernihkan. Kelor adalah tanaman polong-polongan, dengan daun majemuk. Kelor banyak di jumpai di sekitar lapangan main bola di pakjo, di semak pinggiran jalan, dan juga di dekat tempat penampungan sampah sementara.

Caranya:

  1. Ambil biji kelor sesuai dengan kebutuhan

  2. Kupas buah kelor, keluarkan bijinya dan bersihkan.

  3. Biji yang sudah dibersihkan di bungkus dengan kain

  4. Kemudian tumbuk biji kelor yang masih terbungkus kain sampai halus

  5. Beri sedikit air hingga biji kelor menjadi pasta

  6. Campurkan biji kelor yang sudah halus dan berbentuk pasta dengan air yang akan dijernihkan

Perbandingannya 1 biji kelor : 1 liter air Aduk dengan cepat 55-60 putaran/menitKemudian aduk secara perlahan dengan kecepatan 15-20 putaran/menit selama 5 menitKemudian, endapkan air selama 1-2 jam. Semakin lama pengendapan, maka air akan semakin jernihKemudian pisahkan air jernih dari endapan secara perlahan dengan menuangkan air jernih kedalam wadah yang lain. Lakukan pelan-pelan agar endapan tidak naik ke permukaan lagi. Untuk mengahasilkan hasi terbaik, tumbuklah biji kelor sampai sangat halus, bila tidak, maka proses penggumpalan kotoran tidak berjalan dengan baik. Nah…. adik-adik sekalian Dengan menggunakan biji kelor ini, kesehatan air tidak terganggu, dan layak kita konsumsi, bahkan kuman akan berkurang, cepat mendidih, zat organiknya juga berkurang sehingga tidak menyebabkan pencemaran. Dan yang paling penting kita mudah membuatnya, dan bahan nya juga tersedia banyak. Adik-adik bisa tetap meminum air yang sehat meskipun dalam musim kering seperti sekarang. Tapi harus diingat, air yang dijernihakn menggunakan biji kelor ini hanya untuk pemakaian yang sedikit saja, karena air yang sudah di jernihkan hari ini dengan biji kelor, esoknya sudah tidak baik lagi untuk digunakan. Silahkan bantu ayah dan ibu di rumah dengan menjernihkan air, ayah dan ibu akan sangat bangga pada kalian. Selamat mencoba yach

sumber:  .: liana :.

About these ads

3 Responses to “[BIJI KELOR] Cara Sederhana Menjernihkan Air”

  1. tri setyautami Says:

    Terima kasih atas informasinya. Saya tinggal di Kuala Kapuas, sangat tergantung pada air PDAM (sumber dari air sungai yang diolah). Saat musim kemarau ini, air PDAM kami macet, karena intrusi air laut. Saya coba bikin sumur gali di belakang rumah, 2,5 meter (sumur bor bisa 6,5 juta). Dindingnya saya pasang gorong-gorong dari semen supaya dinding tanah tidak longsor, lalu saya tutup atasnya dengan tutup semen yang berat, ada lobangnya, diameter 10 cm. Tapi airnya bau logam, terus kog ada lapisan minyaknya (tipis), butek lagi ! Sudah pakai kapur dan tawas. Wah sedih nian daku ini…. Setelah membaca tulisan di ats, saya jadi ngerti, cuma gimana ya caranya biar air sumur saya nggak bau kayak gitu, yah paling tidak dikurangi lah…Tks banyak….

    • prastapu Says:

      anda harus buat filter dari gebtong.Berikan ajuk di lapisan atas,lapisan kedua dengan pasir,lapisan ke tiga dengan arang batok kelapa yang setengan hancur batok kelapa.buat keran untuk membuangan.

  2. thanks infonya gan..
    btw, punten gan mo ngasih info menarik, barangkali ada yang mau alat penjernih air gratis, silahkan berkunjung ke blog ane ini: http://www.blog.farisagency.com/barang-unik-gratis-water-purifier-bio-energy/, kebetulan lagi ada promo, makasih gan :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: